Faktor-Faktor Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Dharma Andalas)

Authors

  • Friska Lestari Gultom Universitas Dharma Andalas, Padang
  • Nini Universitas Dharma Andalas, Padang

Keywords:

Emotional Intelligence, Learning Behavior and Learning Style on the Level of Accounting Understanding

Abstract

This research aims to examine the influence of emotional intelligence, learning behavior and learning styles on the level of understanding of accounting at Dharma Andalas University, Faculty of Economics, Bachelor of Accounting Department. This research used 121 respondents. Data collection was carried out using a questionnaire. Determining the sample in this research used a purposive sampling technique, namely by taking samples using certain criteria. The data processing technique used was multiple linear regression analysis with the help of SPSS (Statistical Product and Service Solutions). The results of this research show that Emotional Intelligence has a significant positive effect on the Level of Accounting Understanding, Learning Behavior has a significant positive effect on the Level of Accounting Understanding and Learning Style has a positive effect on Accounting Understanding.

References

Anggreyni, M., Widagdo, S., & Sari, N. K. (2022). Faktor yang Memengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jember. JAKUMA: JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN KEUANGAN, 3(1), 51-63.

DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.

Gaffar, A. N. (2022). Analisis Kecerdasan Emosional Mahasiswa dalam Meningkatkan Pemahaman Akuntansi. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 2(1), 1-12.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Goleman, D. (2018). Emotional Intelligence Jakarta : Gramedia.

Hafsah, H., Hanum, Z., Saragih, F., & Ningsih, R. W. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UMSU. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 312-321.

Horri, M., & Handayani, A. E. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di universitas dr. soetomo. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 2(2).

Maryati, S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi IBI Darmajaya Lampung). GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 9(1), 45-51.

Menne, F., Setiawan, A., & Nasriati, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Universitas Bosowa Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(2).

Nasution, L. M. (2017). STATISTIK DESKRIPTIF. Jurnal Hikmah, 77(21), 5472– 5476.

Purnairawan, Eddy dan Sastroatmodjo Sunarno. (2021). Pengantar Akuntansi. Bandung: Media Sains Indonesia.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Ratnasari, S. L., Sari, W. N., Siregar, Y., Susanti, E. N., & Sutjahjo, G. (2022). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa di Kota Batam. In Proceeding of National Conference on Accounting & Finance (pp. 440-448).

Siswanti, T., & Sibarani, B. B. (2022). Pengantar Akuntansi. Penerbit NEM.

Soemarso (2018). Etika dalam Bisnis dan Profesi Akuntan dan Tata Kelola Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.

Wardani, N. W. R., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(2), 1133-1161.

Downloads

Published

2024-02-16

How to Cite

Friska Lestari Gultom, & Nini. (2024). Faktor-Faktor Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Dharma Andalas). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(4), 853–860. Retrieved from https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jakbs/article/view/783