Konsep Portal Berita Palpres.com Dalam Penggunaan Search Engine Optimization (SEO)
Keywords:
Portal berita palpres.com, Teori Search Engine Optimization, SEOAbstract
Penelitian ini berjudul Konsep Portal Berita Palpres.com Dalam Penggunaan Search Engine Optimization (SEO). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan Search Engine Optimization (SEO) dalam portal berita palpres.com dan mengetahui hal yang menyebabkan menurunya pembaca pada portal berita palpres.com. Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik yang digunakan untuk meningkatkan suatu brand pada ranting mesin pencari yang terendeks pada halaman pertama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi massa dan teori Search Engine Optimization (SEO). Dari hasil penelitian penerapan teknik Search Engine Optimization (SEO) pada portal berita palpres.com telah sesui dengan standar teknik Search Engine Optimization (SEO). Namun terdapat 4 teknik SEO yang tidak diterapkan pada portal berita palpres.com karena mengikuti aturan dari pusat yaitu tidak mengaktifkan kolom komentar pada konten, tidak membuat konten dengan multi bahasa, tidak memiliki akun linked-in, dan kata kunci pada konten masih kurang. Sehingga salah satu penyebab kurangnya pembaca pada konten di palpres.com bisa disebabkan karena tidak sempurnanya teknik Search Engine Optimization (SEO) yang diterapkan pada portal berita palpres.com.
References
Ashari, Muhammad. “Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan.” Inter Komunika : Jurnal Komunikasi 4, no. 1 (2019): 1.
Haryanto Al-Fandi. Pengantar Jurnalistik. Yogyakarta: Gambar, 2020.
Hutagalung, Inge. “Dinamika Sistem Pers Di Indonesia.” INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi 2, no. 2 (2013): 53–60.
Krisdanu, Cheryl Arshiefa, and Kiranastari Asoka Sumantri. “TikTok Sebagai Media Pemasaran Digital Di Indonesia.” Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi 7, no. 2 (2023): 24–36.
Laily, Iftitah Nurul. “Pengertian Website Menurut Para Ahli, Beserta Jenis Dan Fungsinya.” katadata.co.id, 2022. https://katadata.co.id/lifestyle/edukasi/6200a2a9697ec/pengertian-website-menurut-para-ahli-beserta-jenis-dan-fungsinya.
Muliawanti, Lintang. “Jurnalisme Era Digital: Digitalisasi Jurnalisme Dan Profesionalitas Jurnalisme Online.” LENTERA: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 2, no. 1 (2018).
Nevyra, Vira Indar, Sori Monang, and Abdul Karim Batubara. “Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi,” 2021, 49–56.
Opal Yusnata, Sumaina Duku, Muslimin. “Strategi Palembang Ekspres (Palpres) Dalam Konvergensi Media.” Tabayyun Journal Of Journalism, 2022, 18–34.
Pengabdian, Jurnal Hasil. “Jurnal Pengabdian UNDIKMA:” 5, no. 2 (2024): 181–87.
Pratama, Alip Dian, and Dedeng Zawawi. “Dinamika Independensi Pers Di Indonesia: Suatu Tinjauan Hukum” 9, no. 1 (2024): 9–26.
Riska, Riska, and Hendri Alamsyah. “Penerapan Sistem Keamanan Web Menggunakan Metode Web Aplication Firewall.” Jurnal Amplifier : Jurnal Ilmiah Bidang Teknik Elektro Dan Komputer 11, no. 1 (2021): 37–42.
Rohaya, Siti. “Internet : Pengertian, Sejarah, Fasilitas Dan Koneksi.” Geopolitics and International Boundaries 2, no. 1 (2019): 1–16.
Satibi, Ahmad Fauzan, Suharyono, and Yusri Abdillah. “Analisis Pemanfaatan Search Engine Optimalization Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UKM Di Pasar Internasional (Studi Kasus Pada CV. Ayung Sportindo).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 50, no. 6 (2017): 96–105.
Sulianta, Feri. Langkah Mudah Menguasai SEO Terbaru. Yogyakarta: Anggota IKAPI, 2020.
Widya, Sagita, Adhitia Erfina, Program Studi, Sistem Informasi, Universitas Nusa Putra, Cibolang Kaler, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, and Search Engine Optimization. “Pemanfaatan Social Media Marketing ( Smm ) Dan Search Engine Optimization ( Seo ) Pada” 6, no. 2 (2024): 424–31.
Xc, F-, and F- Xc. “Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Komunikasi Mujahidah *” XV, no. 1 (1876): 101–14.