Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter Mata Pelajaran PAI di SDN 004 Sangatta Utara

Authors

  • Nazla Desyulita Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAI Sangatta
  • Baiq Uswatun Hasanah Pnedididkan Agama Islam, Tarbiyah, STAI Sangatta
  • Abdul Halim Pnedididkan Agama Islam, Tarbiyah, STAI Sangatta
  • Anjany Putri Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAI Sangatta

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Agama, Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari implementasi kurikulum pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 004 Sangatta Utara, dilatarbelakangi oleh adanya krisis moral yang semakin banyak terjadi di masyarakat melalui korupsi, kekerasan, dan tindakan tidak etis lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya penguatan pendidikan karakter peserta didik tidak hanya dari segi kemampuan akademisnya tetapi juga dari segi moral dan pengembangan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Partisipan dalam penelitian ini meliputi guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SDN 004 Sangatta Utara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi kurikulum pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di SDN 004 Sangatta Utara berhasil meskipun masih terdapat beberapa kendala.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pendidikan karakter di sekolah dasar khususnya pengembangan mata pelajaran PAI.

References

A Nurindra Y, Muhammad Nawir, and Ainun Jariah. “Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SD Negeri Unggulan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu.” COMPASS: Journal of Education and Counselling 1, no. 2 (2023): 325–35. https://doi.org/10.58738/compass.v1i2.399.

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Ali, Muhammad, Bashir Sambo, Afrahul Fadhila Daulay, and Zulfahmi Lubis. “PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM Muhammad” 10, no. 1 (2024): 264–75.

Anatasya, Ervina, and Dinie Anggareni Dewi. “Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9, no. 2 (2021): 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133.

Desmawanti, Rosa. “Nilai Pendidikan Karakter Dan Kearifan Lokal Dalam Cerita Rakyat Sumbawa.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 21, no. 1 (2022): 69–81. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v21i1.5524.

Fadriati, Fadriati. “Model Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar.” Ta’dib 23, no. 2 (2020): 249.

Hidayat, Rahmatul. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Mariam : Perspektif Pedagogik Dalam Kurikulum Merdeka Serta Pembangunan,” n.d.

Khasanah, Indy Ilmi, and Deni Setiawan. “Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Lagu Penguatan Pendidikan Karakter.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 8529–36. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3651.

Mustangin, Mustangin, M Iqbal, and Muhammad Ramli Buhari. “Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal Untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 5, no. 3 (2021): 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927.

Qolbi, Satria Kharimul, and Tasman Hamami. “Impelementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 1120–32.

Slamet, Slamet, Moh Yusrul Hana, and Suratman Suratman. “Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter Di Mts Al Mujahidin.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 03 (2023): 93–101.

Sri, Sri Akidah. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 14, no. 2 (2022): 214–26. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.705.

Suryaman, Maman. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13–28, 2020.

Suwandi, Suwandi, and Hendro Widodo. “Penerapan Kurikulum PAI Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 7, no. 3 (2021): 127–34.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Nazla Desyulita, Baiq Uswatun Hasanah, Abdul Halim, & Anjany Putri. (2024). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter Mata Pelajaran PAI di SDN 004 Sangatta Utara. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 2(1), 23–30. Retrieved from https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jkis/article/view/1231