Hubungan Antara Pengalaman Magang Dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa Manajemen Perhotelan
DOI:
https://doi.org/10.62379/jkph.v1i3.795Keywords:
Pengalaman Magang, Kesiapan KerjaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa ternyata masih belum sepenuhnya siap untuk terjun ke dunia kerja di industri perhotelan. Mereka mungkin masih menghadapi kendala dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan tuntutan tugas yang beragam. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan lokasi magang dengan kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini menerapkan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian yaitu informan dari mahasiswa angkatan 2019 yang magang di Batam.. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman pengalaman magang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang tidak didapat dilingkungan kampus, dapat melatih mental mahasiswa pada saat berada didunia kerja dan juga mampu meningkatkan kualitas soft skill dan hard skill mahasiswa.
References
Desmita. (2015) Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Elva Olivia., Retnaningtyas Susanti., Dwi Pratiwi Wulandari., & Arif Adrian. (2024). Analisis Strategi Hotel X Dalam Menangani Keluhan Tamu Terhadap Fasilitas Dan Pelayanan . Jurnal Kajian Pariwisata Dan Perhotelan, 1(3), 68–76.
FPP UNP. 2020. Buku Pedoman PLI Unit Hubungan Industri Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan. UNP
Hardani., dkk (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup
Kardimin.. A. (2004). Strategi Melamar Kerja dan Bimbingan Karir. Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Saparwati., M. 2012. Studi Fenomenologi: Pengalaman Kepala Ruang dalam Mengelola Ruang Rawat di RSUD Ambarawa. Thesis. Magister ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Depok.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumardiyono. (2014). Apa Itu Homeschooling 35 Gagasan Pendidikan Berbasis Keluarga, Jakarta : Panda Media.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.