Analisis Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Kunjungan Di Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan

Studi Kasus Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan

Authors

  • Almahzum Madi Putra Universitas Negeri Padang
  • Retnaningtyas Susanti Universitas Negeri Padang

Keywords:

Analisis strategi, 4A, Fasilitas, Kunjungan, Pantai Family Air Haji

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ulasan pengunjung yang telah berkunjung ke Pantai Family Air Haji. Hal ini dilihat dari ulasan tamu yang berisi keluhan pengunjung mengenai beberapa masalah yang perlu menjadi perhatian pihak pengelola pantai yaitu masih banyak keluhan mengenai aksesibilitas menuju ke pantai yang masih rusak, fasilitas tempat sampah, tampat duduk dan toilet yang masih kurang tersedia, beberapa fasilitas yang tidak berfungsi serta pengeolaan pelayanan wisata yang masih belum maksimal. Tujuan khusus dari penelitian ini yaitu menganalisis strategi pengelola dalam meningkatkan kunjungan di Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian yaitu informan dari orang pemilik Pantai Family Air Haji, 2 orang staff Pantai Family Air Haji, 2 orang masyarakat sekitaran Pantai Family Air Haji dan 2 orang pengunjung Pantai Family Air Haji. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan analisis strategi pengelola dalam meningkatkan kunjungan di Pantai Family Air Haji yaitu dengan pengelola  menerima kritik dan saran dari pengunjung melalui ulasan dari review online maupun secara langsung, memperbaiki fasilitas yang rusak, membuat akun sosial media untuk membagikan informasi yang berhubungan dengan Pantai Family Air Haji serta melakukan evaluasi secara berkala.

References

Andrianto, T., & Sugiama, G. (2016). The Analysis of Potential 4A’s Tourism Component in the Selasari Rural Tourism,Pangandaran, West Java. https://doi.org/10.2991/atf-16.2016.21

Asmara, S. (2020). Tinjauan Kritis Kendala dan Dampak Pengembangan Pariwisata Indonesia. Prosiding Webinar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, 140–151.

Banjarnahor, Astri Rumondang, et al. (2021). Strategi Bisnis Pariwisata. Yayasan Kita Menulis.

Hidayah, N. (2021). Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan di Era Digital: Targeting, Positioning, Branding, Selling, Marketing Mix, Internet Marketing. Jakarta: Kreasi Cendekia Pustaka.

Lupiyoadi, R., & Ikhsan, R. B. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Prantawan P, D., & Sunarta, I. (2015). Studi Pengembangan Desa Pinge Sebagai Daya Tarik Ekowisata Di Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Jurnal Destinasi Pariwisata, 3(1), 1-88

Retnaningtyas Susanti, et al. (2022). "Tourism As a Source of Welfare of The Society". Dalam Yusuf. M. TOURISM FORWARD: Post-Pandemic and Future Trends. Yogyakarta. Faculty Of Cultural Sciences Universitas Gadjah Mada

Revida, E., Gaspersz, S., Uktolseja, L. J., Nasrullah, Warella, S. Y., Nurmiati , Purba, R. A. (2020). Pengantar Pariwisata.Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Supriyanto, Achmad Sani dan Vivin Maharani. (2013). Metode Penelitian Sumber Daya Manusia Teori, Kuisioner, Dan Analisis Data. Malang: UIN-Malang Press.

Yoeti, Oka. A (1985). Melestarikan Seni Budaya Tradisional Yang Nyaris Punah. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Putra, A. M., & Susanti, R. (2024). Analisis Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Kunjungan Di Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan: Studi Kasus Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Perhotelan, 2(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jkph/article/view/903