Pengembangan Media Magic Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPS di SD Negeri 1 Towangsan

Authors

  • Zafida Rohmawati Khusna Unwidha, FKIP, PGSD
  • Istianah Khoiriah Unwidha, FKIP, PGSD
  • Isna Rahmawati Unwidha, FKIP, PGSD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media buku magic box dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 1 Towangsan. Media pembelajaran magic box dipilih karena kemampuannya merangsang imajinasi anak, meningkatkan pemahaman konsep, dan memperkuat minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media magic box tentang Kebutuhan Manusia dapat membantu siswa memahami konsep materi dengan lebih mudah. Daftar pustaka mencakup referensi mengenai penggunaan media magic box dalam pembelajaran IPAS untuk siswa kelas IV SD, termasuk pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa dan pengembangan media pembelajaran magic box.

References

Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., et al. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Tasikmalaya: EDU Publisher.

Faricha Az-Zahro, U.U. (2023). Efektifitas Media Pembelajaran Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran IPAS SDIT Al-Islam Sine. Global Education Journal, 292-303.

Afifa, I. N., Hanif, M., & Kunci, K. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 04 MADIUN LOR THE EFFECT OF USING POP UP BOOK MEDIA ON SCIENCE LEARNING OUTCOMES IN CLASS IV STUDENTS AT SDN 04 MADIUN LOR INFO ARTIKEL ABSTRAK. Journal of Scientech Research and Development, 5(2). https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSC

Adein Inayah, F.K (2024). Pengembengan media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPS MI/SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 674-681.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Zafida Rohmawati Khusna, Istianah Khoiriah, & Isna Rahmawati. (2024). Pengembangan Media Magic Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPS di SD Negeri 1 Towangsan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 306–309. Retrieved from https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/1210