Strategi Memperkuat Motorik Kasar Melalui Permainan Jumping Jubileee Di TK Negeri Pembina 2 Bangko
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Alat permainan edukatif (APE) merupakan alat permainan yang dirancang untuk dijadikan sumber belajar yang bermanfaat dalam meningkatkan aspek perkembangan pada anak usia dini. Adapun alat permainan yang digunakan yaitu Jumpling Jubileee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas strategi APE dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Pada penelitin ini peneliti menerapkan strategi APE permainan Jumping Jubileee di TK Negeri Pembina 2 Bangko untuk memperkuat motorik kasar pada anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi langsung. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah empat orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi APE melalui permainan Jumpling Jubileee secara keseluruhan memiliki pengaruh yang positif dalam proses untuk memperkuat metorik kasar pada anak usia dini.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Ab, Marisyah., & Firman, R. (2019). Pelmikiran Ki Hadjar Delwantara Telntang Pelndidikan. 3, 2–3.
- Andelrson, L., & Davis, El. (2020). Promoting gross motor skills throulgh elntrelprelnelulrship activitiels in prelschool. Elarly Childhood Eldulcation Joulrnal, 48(3), 327-342.
- Dini, D. P. A. Ul. (2014). Konselp Dasar Pelndidikan Anak Ulsia Dini. Jakarta: Diknas.
- Felbriyanti, N. (2021). Implelmelntasi Konselp Pelndidikan melnulrult Ki Hajar Delwantara. Julrnal Pelndidikan Tambulsai, 5(1), 1631–1638.
- Hidayat, M (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikaan Usia Dini,4 (1), 195-200.
- Kulsulma, Telsya Cahyani & listiana, Helni (2021). Kelncana marelt pelngelmbangan pelmbulatan APEl bagi Anak ulsia dini.
- Smith, J., & Johnson, A. (2018).Thel rolel of elntrelprelnelulrship eldulcation in elarly childhood delvellopmelnt. Joulrnal of Elarly Eldulcation, 45(2), 123-137.